Selasa, 21 Agustus 2018

Manfaat Blog bagi perorangan dan organisasi atau perusahaan



Manfaat dari Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Di karenakan situs bisa di update oleh semua golongan, banyak sekali manfaat dari pembuatan blog, baik itu bagi penulis blog ataupun bagi pembaca.

Di bawah ini manfaat dari blog baik untuk perorangan ataupun organisasi (perusahaan).

1. Memudahkan dalam berbagi informasi
Sekarang ini pengguna internet bukan hanya mencari informasi, namun bisa juga berbagi informasi, dengan blog seseorang akan memiliki tempat nya sendiri untuk menuliskan informasi dan berbagi informasi.


2. Menambah wawasan
Dengan ngeblog biasanya wawasan seseorang akan bertambah luas, keinginan untuk selalu mengupdate blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya.
Hal ini tentu akan semakin menambah wawasan.


3. Melatih keterampilan dan kreatifitas menulis
Menulis tentu banyak manfaatnya, menulis juga sebuah keterampilan, dan keterampilan menulis itu bisa semakin diasah ketika seseorang menuliskannya di blog.

      4. Menumbuhkan minat membaca
 Dengan ngeblog para blogger bukan hanya akan terlatih untuk menulis namun juga akan terlatih     untuk membaca, biasanya mereka akan banyak membaca untuk mencari informasi baru.

5. Media aktualisasi diri
Dengan blog seseorang akan belajar dengan bebas untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Dengan membagikan dan menuliskan di blog maka bukan tidak mungkin seseorang akan termovitasi untuk melakukan hal positif yang dibagikan tersebut.

     6. Media komunikasi dan sosialisasi
Dengan blog kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui tulisan anda di blog, tulisan anda akan dikomentari, dan anda bisa membalas komentar tersebut.

     7. Menuangkan ide dan kreasi
Dengan blog kita bisa menuangkan dan memajangkan karya ide-ide berupa tulisan, fotografi, edit foto dan lainnya.

8. Media promosi
Kita bisa mempromosikan usaha atau produk milik kita melalui blog tersebut. Seluruh dunia akan bisa membaca dan melihat.

      9. Menghasilkan tambahan penghasilan
Blog yang dikelola dengan baik dan ramai pengunjungnya bisa dipasangkan iklan, bisa untuk tempat jualan, bisa untuk tempat promosi, sarana review dan lainnya.

     10. Sebagai media komunikasi dengan pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.

11. Memperlihatkan kemampuan perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

12. Menarik perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan Blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan di luncurkan.

13. Meningkatkan penjualan
Dengan menggunkan blog dan memposting produk perusahaan di blog semua orang akan mengetahui dan mengenal produk kita, sehigga memungkinkan permintaan menjadi bertambah.

14. Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal.
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peranan terknologi informasi di lingkungan masyarakat

Penggunaan teknologi informasi di lingkungan masyarakat Teknologi Informasi merupakan istilah umum dari semua teknologi yang ...